.

Profesi Ners

Dirjen Dikti Nomor:  304/E/0/2014


Program profesi Ners STIKes FAATHIR Husada Tangerang merupakan kelanjutan dari tahap pendidikan Sarjana Keperawatan dengan menerapkan  kemampuan sarjana keperawatan dalam tatanan nyata baik di klinik maupun di komunitas, sehingga melalui tahap ini terjadi proses adaptasi profesi untuk dapat menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien,membuat keputusan legalitas serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan.

 

TUJUAN

 

Program profesi ini bertujuan mendidik sarjan keperawatan (S.Kep) untuk menjadi Ners melalui penyesuaian profesional dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan lapangan secara komprehensif, sehingga memiliki sikap dan kemampuan profesional untuk :

  1. Menerapkan konsep, teori dan prinsip-prinsip ilmu prilaku, ilmu sosial, ilmu biomedik dan ilmu keperawatan dalam melaksanakan pelayanan dan atau asuhan keperawatan kepada individu,keluarga dan masyarakat.
  2. Melaksanakan pelayanan dan atau asuhan keperawatan dari masalah yang sederhana sampai masalah yang kompleks secara tuntas melalui pengkajian, penetapan diagnosa keperawatan, perencanaan tindakan keperawatan, implementasi dan evaluasi baik promotif, preventif,  kuratif   dan  rehabilitatif   sesuai  batas  kewenangan, tanggung  jawab dan kemampuannya serta berlandaskan etika profesi keperawatan:Mendokumentasikan seluruh proses keperawatan secara sistematis dan memanfaatkannya dalam upaya meningkatkan kualitas asuhan keperawatan.
    • Merumuskan masalah keperawatan individu,keluarga dan masyarakat.
    • Merencanakan dan atau melaksanakan rangkaian tindakan keperawatan dalam upaya memenuhi kebutuhan dasar yang belum terpenuhi,   dengan  memanfaatkan  sumber   dan   potensi  yang tersedia secara optimal.
    • Mengevaluasi hasil tindakan keperawatan dan seluruh proses pada asuhan  keperawatan, serta  merencanakan   dan  melaksanakan tindak lanjut yang diperlukan.
    • Mengkaji status kesehatan dan kebutuhan dasar individu, keluarga dan  masyarakat  dalam   aspek  bio-psiko-sosio-spiritual  serta profesi dari berbagai sumber yang tersedia.
  3. Mengelola pelayanan keperawatan secara bertanggung jawab dengan menunjukan sikap kepemimpinan.

 

 

KOMPETENSI LULUSAN


Kompetensi Utama

  1. Mampu     membina     hubungan     interpersonal     dengan menerapkan komunikasi secara efektif  kepada   klien terdiri dari  indvidu,keluarga,kelompo kkhusus,masyarakat,dan tim kesehatan.
  2. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan profesional di klinik dan komunitas dengan menerapkan aspek legal dan etis.
  3. Mampu  melakukan  pendidikan  kesehatan  kepada  klien; individu, keluarga,kelompok khusus dan komunitas di berbagai area kesehatan
  4. Mampu mengaplikasikan kepemimpinan dan managemen keperawatan.
  5. Mampu   memanfaatkan   hasil   penelitian   dalam   upaya meningkatkan kualitas asuhan keperawatan

 

Unit Kompetensi Program Profesi

  1. Mampu melakukan komunikasi yang efektif dalam memberi asuhan
  2. Mampu  menggunakan  keterampilan  interpersonal  yang efektif dalam kerja tim
  3. Mampu mengidentifikasi masalah legal dan etik serta mampu membuat keputusan etik dengan menerapkan pengetahuan,kerangka etik dan legal dalam sistem kesehatan yang berhubungan dengan keperawatan
  4. Mampu      menggunakan      proses    keperawatan    dalam menyelesaikan masalah klien dengan mengembangkan pola pikir kritis,logis dan etis
  5. Mampu memberikan pendidikan kesehatan kepada klien sebagai upaya pencegahan primer,sekunder dantersier
  6. Mampu menjalankan fungsi advokasi untuk mempertahankan hak klien agar dapat mengambil keputusan untuk dirinya
  7. Mampu   memberikan   asuhan   peka   budaya   dengan menghargai sumber-sumber etnik, agama atau faktor lain dari setiap pasien yang unik
  8. Mampu mendemonstrasikan intervensi keperawatan  sesuai dengan kebutuhan dan SOP yang berlaku
  9. Mampu menggunakan teknologi  dan  informasi   kesehatan secara efektif dan bertanggung awab
  10. Mampu  melaksanakan  terapi  modalitas   sesuai   dengan kebutuhan
  11. Mampu memanfaatkan hasil penelitian dalam upaya peningkatan kualitas asuhan keperawatan.
  12. Mampu mengembangkan potensi diri untuk meningkatkan kemampuan profesional
  13. Mampu menjabarkan indikator kualitas asuhan keperawatan berdasarkan standar struktur,proses dan hasil
  14. Mampu menggunakan prinsip-prinsip peningkatan kualitas pelayanan keperawatan secara  berkesinambungan
  15. Mampu mengidentifikasi kebutuhan dan langkah-langkah peningkatan  kemampuan  professional   baik   diri  sendiri maupun teman sejawat (sesuai dengan level jenjang karir)
  16. Mampu menggunakan pendekatan kolaboratif  dalam kerja sama interprofesional dalam upaya pemenuhan kebutuhan kesehatan klien
  17. Mampu mengidentifikasi aspek-aspek manajemen resiko dan keamanan pelayanan berdasarkan prinsip-prinsip keselamatan pasien
  18. Mampu mengidentifikas  tanggung  jawab  dan kewenangan perawat dalam tatanan pelayanan kesehatan
  19. Mampu bekerjasama  dengan unsur   terkait  di masyarakat dalam  menerapkan asuhan keperawatan komunitas.
  20. Mampu mengembangkan program  yang kreatif dan inovatif di tatanan komunitas dalam aspek promotif preventif,kuratif dan rehabilitatif

Terakhir Online

Info Browser






 

Diskusi Terakhir

Peta Stikes Faathir Husada